Adab atau tata cara makan yang baik menurut Islam

happycircle wordpress.com
   Makanan 4sehat 5sempurna adalah makanan yang diperlukan oleh tubuh kita sehari-hari, kita melakukan makan seharinya 2kali sampai 3kali tapi kadang kita suka melupakan adab atau tata cara makan yang baik menurut islam. Supaya kenikmatan yang kita dapatkan dari makan mendatangkan keberkahan juga maka dengan ini adalah adab atau tata cara makan yang baik diantaranya :
   @ Membaca Basmallah terlebih dahulu,
Sebagaimana yang tertulis dalam H.R.Ahmad yang artinya Berkumpulah kamu sekalian atas makananmu dan sebutlah nama Allah pasti kamu mendapat barokah dari dalam makanan itu.Tapi kadang kala kit sebagai manusia punya sipat pelupa, dimana pada saat akan makan lupa membaca Basmallah dan kita baru ingat ditengah kita selagi makan dan kadang kita ingat setelah selesai makan. Bila itu terjadi kita lupa membaca dipermulaan maka bacalah diakhir makan dengan bacaannya sebagai berikut : "Bismillah awwalihi wa 'aakhirihi" yang artinya dengan menyebut nama Allah dipermulaan dan diakhir.
   @ Makanlah dengan tangan kanan,
Segala sesuatu yang menjadi kesenangan syaitan wajib kita jauhi dalam hal ini kesenangan syaitan adalah makan dan minum dengan tangan kiri, sebagaimana yang tertulis dalam H.R. Muslim dari Ibnu Umar yang artinya janganlah salah satu dari kalian makan dengan tangan kiri dan jangan pula minum dengan tangan kiri.Sesungguhnya syaitan makan dan minum dengan tangan kiri.
   @ Mengambil makanan yang jatuh,
Rizki yang telah kita usahakan dengan susah payah itu harus kita jaga benar-benar, jangan sampai ada yang tercecer, boleh jadi yang tercecer itulah rizki yang mengandung barokah.Bila rizki itu tidak kita ambil berarti menjadi bagian syaitan, lantaran tidak menghargai jerih payah diri sendiri dan menjadikan mubadzirnya barang. sebagaimana yang tertulis dalam H.R. Muslim dari Jabir yang artinya sesungguhnya kamu sekalian tidak mengetahui pada makanan manakah yang ada barokah. Maka apabila bagian dari suapanmu itu jatuh,ambilah dan bersihkanlah kotoran yang ada padanya. Jangan kau tinggalkan  makanan yang jatuh itu, karena menjadi bagian syaitan.
   @ Jangan suka mencela makanan,
Mencela adalah salah satu sipat yang tidak terpuji. Sampai mencela terhadap sesuatu yang tidak disenangi itupun dilarang.Terhadap makanan bila berkenan makanlah dan bila tidak berkenan tinggalkanlah,itulah sikap yang terpuji.Sebagaimana yang tertulis dalam H.R.Ahmad dari Abi Hurairah yang artinya sebagai berikut Nabi Muhammad SAW sama sekali tidak pernah mencela makanan,bila beliau berselera terhadap makanan itu makanlah ia, dan bila beliau benci maka beliau meninggalkannya.
   @ Janganlah makan dengan bersandar,
Waktu memasukkan rizki kedalam  perut(makanan) hendaklah dengan sikap yang baik dan posisi yang teratur. hal ini untuk menjaga terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan. Rasul bersabda :" saya tidak pernah makan dengan bersandar."   (H.R.Bukhori)
   
   Allah SWT memberikan kenikmatan yang sangat luas di muka bumi ini tapi semua itu tergantung pada keahlian kita untuk mendapatkannya, apabila kita mendapatkannya dan melakukannya dengan cara yang tidak benar atau tidak seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW maka kenikmatan itu akan menjadi kesengsaraan pada diri kita, karena cara yang kita dapatkan tidak barokah.
     
   Demikian ulasan tentang adab atau tata cara makan yang baik menurut islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi admin khususnya dan pembaca umumnya serta dapat mengantarkan kita semua ke dalam Ridho Alloh SWT,aamiin.
Lebih kurangnya admin mohon bimbingan, bantuan serta kritik dan saran dari semua pembaca.
terimakasih,
Wassalam.









Tag : Religi
0 Komentar untuk "Adab atau tata cara makan yang baik menurut Islam"

Back To Top