Jangan menghembus minuman dan jangan minum sambil berdiri

Bismilahirrohmanirrohim,
    Tubuh kita tiap harinya membutuhkan air sekitar 8 gelas, air dibutuhkan untuk membantu dalam pencernaan ,untuk menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan usus serta untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Akan tetapi kadang kita tidak tahu atau lupa bagaimana tata krama minum yang baik menurut Islam sebagaimana yang di contohkan oleh Rasulullah saw, dan dibawah ini adalah adab tatakrama minum yang dilarang oleh islam.

Jangan Menghembus Minuman
www.islampos.com
   Kita bernapas menghirup Oksigen dan mengeluarkan napas dalam bentuk zat asam arang atau karbon dioksida (CO2), zat asam arang adalah hasil dari pembakaran dalam tubuh kita yang harus dibuang karena tidak baik untuk kesehatan.Dan apabila kita menghembuskan napas pada saat minum berarti kita mengeluarkan zat asam arang pada minuman kita lalu terbawa masuk kembali bersama minuman kita.
Maka dari itu islam melarang apabila kita sedang minum jangan menghembus minuman itu sebagaimana yang tertulis dalam H.R.Bukhari Muslim dari Qotadah yaitu Bila salah satu di antara kalian minum, maka janganlah menghembus ke dalam tempat minum

Jangan Minum Sambil Berdiri
   "Rasulullah melarang seseorang minum dengan berdiri" (H.R. Muslim dari Anas)
keterangan : Makan atau minum sambil berdiri adalah perbuatan binatang, agar kedudukan manusia itu tetap tidak seperti binatang dan dalam tata krama juga lebih sopan maka jauhilah makan atau minum sambil berdiri.
Dalam ilmu kedokteran makan dan minum sambil duduk lebih sehat lebih selamat karena apa yang diminum atau dimakan akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut.Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh spinchter. Spinchter itu sendiri adalah suatu struktur maskuler(berotot) yang bisa Membuka dan bisa Menutup, setiap air yang masuk akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal, ada sekitar 50 otot spinchter tersebar di berbagai saluran lubang manusia yang berfungsi sebagai otot yang membuka dan otot yang menutup sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Maka dengan itu marilah kita makan dan minum sesuai dengan adab dan tata krama Islam sebagaimana yang telah di contohkan oleh Rasulullah saw.

   Demikian ulasan tentang jangan menghembus minuman dan jangan minum sambil berdiri, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua aamiin.
Lebih kurangnya admin mohon bimbingan, bantuan serta kritikan dan sarannya dari semua pembaca.
terima kasih,
wassalam.

Tag : Religi
0 Komentar untuk "Jangan menghembus minuman dan jangan minum sambil berdiri"

Back To Top