Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunat Idul Adha

 Assalaamu'alaikum wr. wb.

Bismillaahirrohmaanirrohiim.
Berkenaan dengan tibanya bulan yang dimuliakan Alloh SWT yaitu bulan Dzul hijjah, umat muslimin/muslimat dihimbau untuk meningkatkan berbagai amaliah ibadah kepada Alloh SWT diantaranya :
1. Melaksanakan puasa sunat dari tanggal 1 sampai dengan 9 Dzulhijah.
2. Melaksanakan takbir pada malam tanggal 9 Dzulhijah (malam Idul Adha) di mesjid maupun di rumah.
3. Melaksanakan Sholat Sunat Idul Adha
4. Melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada hari qurban.
Tapi dalam hal ini admin khusus akan menerangkan bagaimana tata cara mengerjakan Sholat Adl-ha atau sholat sunat Idul Adha.
Sholat sunat Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzul Hijjah, waktu mengerjakannya dimulai dari terbitnya matahari sampai tergelincirnya mata hari.
Sholat sunat Idul Adha jumlahnya 2 roka'at, dilaksanakan sebagaimana sholat-sholat sunat yang lainnya.
Sholat sunat idul adha hukumnya sunnat muakkad bagi laki-laki dan perempuan, mukim atau musafir.
Sholat sunat Idul adha boleh dikerjakan sendirian akan tetapi sebaiknya dikerjakan berjama'ah.
Cara mengerjakannya :
- Pada pagi hari tanggal 10 dzul hijjah setelah mengerjakan sholat subuh dan sebaiknya kita mandi sunat hari raya dahulu ( tidak juga tidak apa-apa ), setelah itu berangkatlah ke mesjid atau ke tanah lapang yang dimana sholat idul adha itu akan dilaksanakan dengan memperbanyak mengucapkan Takbir seperti ALLOOHU AKBAR - ALLOOHU AKBAR - ALLOOHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLOOHU WALLOOHU AKBAR, ALLOOHU AKBAR WALILLAHIL HAMDU.
- Setelah tiba di mesjid sebelum kita duduk alangkah baiknya kita melaksanakan sholat tahiyatul masjid dahulu sebanyak dua raka'at, tapi apabila sholat idul adhanya dilaksanakan di tanah lapang kita langsung duduk dan mengikuti bacaan takbir yang berulang-ulang sampai dimulainya sholat idul adha.
- Niat sholat Idul Adha :
USHOLLI SUNNATAN LI'IIDIL ADL-HAA ROK'ATAINI ( MA'MUMAN ) LILLAAHI TA'ALAA... ..........ALLOOHU AKBAR.
artinya : Aku niat sholat Idul adl-ha dua roka'at (ma'muman) karena Alloh Ta'ala........
- Pada roka'at pertama :
Sesudah niat,membaca takbiratul ihram kemudian membaca do'a iftitah. Selanjutnya imam takbir sebanyak 7 kali dan setiap selesai imam takbir kita disunatkan membaca tasbih : SUBHAANALLOOHU WALHAMDULILLAAHI WALAA ILAAHA ILLALLOOHU WALLOOHU AKBAR
yang artinya Maha Suci Alloh, dan segala puji bagi Alloh, tiada tuhan melainkan Alloh dan Alloh Maha Besar.
Setelah selesai takbir 7kali dan membaca tasbih diatas,kemudian kita mendengarkan imam membaca surat Al-Fatihah dan surat sunat yang lainnya.
apabila kita melakukan sholat sunat Idul Adha sendiri maka setelah selesai takbir 7kali dan membaca tasbih,
kemudian kita membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan membaca surat sunat yang diinginkan.
 - Pada roka'at kedua :
Sesudah berdiri untuk roka'at kedua, imam membaca takbir 5kali dan setiap selesai imam membaca takbir kita disunatkan membaca tasbih seperti yang dilakukan kita pada roka'at pertama.
Setelah selesai takbir 5kali dan membaca tasbih diatas kemudian kita mendengarkan imam membaca surat Al-Fatihah dan surat sunah yang lainnya.
apabila kita melakukan sholat sunat Idul Adha sendiri maka setelah selesai takbir 5kali dan membaca tasbih, kemudian kita membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan membaca surat sunat yang diinginkan.
Setelah selesai melaksanakan sholat Id 2roka'at maka diteruskan dengan khutbah, akan tetapi bahwa hukum mendengarkan khutbah idul Adha tidaklah wajib, seperti yang diriwatkan oleh HR.Abu Daud No.1155, Ibnu Majah 1290 dan yang lainnya yang berbunyi " Dari Abdullah bin Saib, ia berkata : yang artinya aku menghadiri Ied bersama Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam, ketika selesai shalat beliau bersabda "sesungguhnya kami akan berkhutbah, barangsiapa yang ingin tetap duduk untuk mendengarkan maka duduklah dan siapa yang hendak pergi maka pergilah".
 - Khutbah :
Khutbah dilakukan setelah sholat Idul Adha sebanyak 2kali, yaitu pada khutbah ke-1 membaca takbir 9kali dan pada khutbah yang ke-2 membaca takbir 7kali dan pembacaannya harus berturut-turut.  
Demikianlah tata cara mengerjakan sholat Idul Adha,semoga bermanfaat khususnya bagi admin dan umumnya bagi pembaca semuanya aamiin ya robbal'alamiin.

Wassalam.
Tag : Religi
0 Komentar untuk "Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunat Idul Adha"

Back To Top